Kamis, 27 Juni 2013

Tips Aman Snorkeling

Snorkeling memang menyenangkan, akan tetapi bagi anda yang baru pertama kali, snorkeling bisa menjadi berbahaya. Berikut ini tips-tips yang akan membuat anda nyaman saat snorkeling.



1. Snorkeling Goggles, Snorkeling Goggles memiliki peranan penting saat anda snorkling, snorkeling goggles memiliki penutup hidung yang dapat mencegah air masuk ke hidung anda, carilah goggles yang pas dengan kepala anda, pastikan jika tidak ada udara yang bisa masuk, cobalah untuk bernapas dengan hidung, jika tidak bisa, maka anda aman, karena jika udara tidak bisa masuk, air juga tidak bisa masuk ke hidung anda. Namun jika ada air yang masuk, jangan panik, cukup keluarkan kepala anda dari air dan keluarkan airnya.

2. Fin, fin adalah sirip, di Indonesia fin umumnya disebut kaki katak. fin sangat membantu untuk mendorong anda saat snorkeling. Carilah fin yang tidak terlalu kecil, karena akan sakit dipakai, namun juga terlalu besar, carilah yang agak sedikit besar, agar tidak menyakiti kaki anda namun juga tidak mudah terlepas. Penggunaannya cukup sulit bagi pemula,menggunakan fin jangan menggunakan kekuatan betis, karena akan membuat anda kram, tapi gunakanlah kekuatan pinggang.

3. Defog, defog berupa cairan untuk membersihkan bagian dalam dari goggles anda. jika tidak ada defog, anda dapat memasukan sedikit air laut kedalam goggles, untuk membersihkannya secara instan.

4. Latihan Napas, Untuk pemula, berlatihlah dahulu untuk bernapas dengan tube (alat bernapas berbentuk pipa)di luar air. setelah anda mencobanya, barulah berlatih untuk bernapas di dalam air ( tentunya tetap menggunakan tube, karena anda pastinya tidak punya insang).

5. Jaket Pelampung, untuk pemula gunakan jaket keselamatan ataupun pelampung untuk memudahkan anda.

Selamat bersnorkeling :)

0 komentar:

Posting Komentar