Sabtu, 29 Juni 2013

Tips Aman Untuk Hiking

Bosan dengan wisata yang itu-itu saja? Bagi anda penyuka jalan-jalan, hiking dapat dijadikan pilihan alternative untuk berwisata. Hiking bukanlah kegiatan yang cenderung membahayakan. Orang-orang banyak salah mengerti dan seringkali disesatkan oleh berita-berita di media massa. Memang, saat melakukan kegiatan hiking, anda akan berada diluar, jauh dari peradaban dan ada kemungkinan cedera. Namun, hiking, bila dilakukan dengan benar dan dengan peralatan yang lengkap akan memberikan kepuasan berwisata yang sangat berbeda dari yang lainnya bahkan menambahkan nilai petualangan ke dalamnya. Suasana, nuansa, pemandangan alam yang akan anda nikmati sepanjang jalan tidak akan tergantikan. Tertarik dengan hiking? Berikut ini beberapa tips yang wajib diperhatikan saat melakukan hiking.



1. Persiapkan Fisik Sebaik-Baiknya Sebelumnya
Sebelum anda hiking, persiapkanlah kondisi fisik sebaik-baiknya. Jagalah kesehatan dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan berolahraga. Tidak akan mengenakkan apabila anda menjadi sakit di tengah-tengah hiking. Bukan hanya untuk anda, namun juga teman seperjalanan anda. Pemandangan yang indah dan petualangan yang menantangpun akan terlewatkan begitu saja.

2. Jangan Pernah Berpergian Seorang Diri
Hal yang harus diperhatikan dan tidak boleh dilanggar adalah jangan pernah melakukan hiking seorang diri. Apabila anda berpergian sendirian ke daerah pegunungan dengan hutan yang lebat, dengan ngarai yang curam, anda sangat mungkin tersesat. Ajaklah seorang atau beberapa orang terutama mereka yang berpengalaman dengan hiking. Dengan adanya teman seperjalanan, kemungkinan menjadi panik akan berkurang, anda dapat saling tolong menolong terutama bila ada yang terluka atau kecelakaan, kemungkinan terkena hypothermia pun akan semakin berkurang karena dapat saling menghangatkan saat dingin mendera.

3. Ketahui Tentang Tempat Yang Anda Tuju
Ketahuilah tentang tempat yang anda tuju dan jangan pergi tanpa petunjuk apa-apa. Dapatkan informasi menyeluruh tentang tempat yang anda tuju dan jangan ragu untuk meminta pendapat yang ahli. Tempuhlah rute yang telah ditetapkan kecuali anda adalah seorang hiker berpengalaman yang benar-benar memahami medan. Memang akan lebih menantang untuk menempuh rute baru dan menaklukannya, namun hal itu tidak akan menyenangkan lagi begitu anda tersesat. Jangan lupa membawa peta, kompas, dan GPS yang dapat berfungsi dengan baik di tempat yang anda tuju.

4. Jangan Lupa Beritahukan Dengan Detail Kemana Anda Pergi
Sebelum anda pergi hiking, selalu beritahukan dengan jelas kepada orang-orang terdekat kemana anda pergi dan berapa lama anda akan berada di sana. Hindari melenceng dari tujuan anda semula. Tujuannya agar mereka tahu dimana harus mencari anda apabila anda pergi lebih lama dari waktu yang telah ditetapkan bahkan memberikan pertolongan apabila anda membutuhkan.

5. Perhatikan Perlengkapan Standar untuk Hiking
Selalu bawa perlengkapan standard untuk hiking termasuk memakai pakaian dan sepatu yang sesuai untuk hiking. Selalu sedia korek api atau pemantik, atau bahkan keduanya. Bawalah pisau lipat musti fungsi yang dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan. Perlengkapan P3K seperti kain kasa, perban, plester, krim anti bakteri, obat luka, obat anti gatal, pelembap, sunscreen, dan obat sakit kepala sangatlah diperlukan. Senter dan tissue gulung juga akan sangat berguna. Untuk berjaga-jaga apabila baju basah, bawalah pakaian ganti yang secukupnya, jangan berlebihan. Tidak ada salahnya membawa jas hujan standart ataupun jaket tebal apabila hiking di tempat yang dingin dan mungkin berkabut.

6. Bawalah Persediaan Makanan dan Minuman Secukupnya
Cuaca panas dapat berujung pada dehidrasi tetapi hal ini bukannya tidak dapat ditanggulangi. Sediakanlah air mineral ataupun minuman isotonic yang cukup selama diperjalanan untuk mengatasi hal ini. Usahakan jangan sampai anda mengkonsumsi langsung air dari aliran sungai. Sebening apapun kelihatannya, kemungkinan besar air tersebut mengandung bakteri yang dapat membahayakan anda. Bawalah persediaan makanan secukupnya untuk di mengisi perut selama perjalanan. Hindari makanan yang hanya akan membuat anda haus untuk menghemat persediaan air. Karena anda dapat bertahan lebih lama karena lapar daripada karena haus.

7. Selalu Waspada
Tetaplah waspada setiap saat, jangan pernah merasa hebat dan kemudian menjadi sembrono. Perhatikanlah kemana anda melangkah agar tidak terpeleset atau terperosok. Lihatlah tanda-tanda alam. Apabila ada tanda-tanda hujan atau kabut yang akan turun, alangkah baiknya menunda perjalanan anda karena alam tidak akan seramah seperti yang anda kira. Hiking di hari yang cerah juga akan lebih menyenangkan karena pada saat itulah alam akan menampakkan keindahannya.

Dengan memperhatikan langkah-langkah diatas, anda akan siap untuk ber-hiking ria. Selamat hiking dan menikmati keindahan alam dan segala petualangannya. Jangan lupa bawa kamera anda untuk mengabadikan moment-moment indah selama di perjalanan.

0 komentar:

Posting Komentar